Sabtu, 21 Februari 2015

Diet Bebas Osteoporosis


Jika mendengar istilah osteoporosis yang terlintas dibenak kita adalah tulang yang keropos. ya sederhananya seperti itu hal ini disebabkan berkurangnya kandungan mineral utama sebagai unsur pembentuk tulang yaitu kalsium. Tubuh mendapat asupan kalsium dari makanan dan minuman sehari-hari sedangkan kalsium hanya diserap oleh tubuh hanya 30-50%.

Pembentukan tulang berlangsung sejak kita dalam kandungan hingga kita berusia 25-30 tahun, dimana pembentukan dan perapuhan tulang berlangsung seimbang, akan tetapi saat usia kita memasuki 40 tahun proses perapuhan tulang berlangsung lebih cepat terlebih memasuki masa menopouse pada wanita karena produksi hormon estrogen yang terganggu bahkan terhenti.

Osteoporosis tidak hanya terjadi pada wanita, pria mulai mengalami pengeroposan tulang saat memasuki usia 60 th, saat hormon testosteron mulai berkurang sampai akhirnya tidak diproduksi lagi.

Lantas apa hubungannya antara diet dengan osteoporosis?
Wanita lebih cenderung membatasi makanan agar terhindar dari kegemukan sehingga sering kali memiliki kepadatan tulang dan kandungan tulang yang rendah, sehingga wanita yang ingin turun berat badan perlu memperhatikan resiko osteoporosis dan memilih cara diet yang tepat dan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Diet yang tepat dalam arti membatasi jumlah kalori yang masuk dengan memperhatikan asupan mineral yang diperlukan untuk mencegah osteoporosis dalam hal ini adalah kalsium.
Berikut makanan yang dapat mencegah osteoporosis :
Susu
Susu merupakan sumber kalsium pilihlah susu rendah lemak dan tinggi kalsium.
Sayuran
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, caisim bisa menjadi alternatif selain susu sebagai sumber kalsium. Keunggulan lain sayuran hijau mengandung mineral lain.
Tauge
Senyawa dari tauge yang memberi manfaat untuk tulang adalah fitoestrogen, yaitu zat yang mempunyai kerja seperti hormon estrogen yang berfungsi membantu penyerapan kalsium dari makanan dan minuman yang dikonsumsi
Makanan yang terbuat dari kedele
tahu, tempe, susu kedele, oncom dan tauco juga mengandung fitoestrogen.

Kita dapat memilih diet yang tepat seperti yang dijelaskan sebelumnya dengan mengganti makan pagi dan makan malam dengan shake herbalife yang rendah kalori dan kaya akan vitamin dan mineral tentu saja tanpa takut terkena osteoporosis karena kandungan kalsiumnya tinggi.
Semoga bermanfat
Konsultasi turun/naik berat badan
Yusnita 081316582520
                                                                                                                                            



Tidak ada komentar:

Posting Komentar