Rabu, 04 Februari 2015

Salah Diet Sebabkan Gangguan Nafsu Makan


Tubuh langsing dan ideal merupakan dambaan semua orang terutama wanita yang terkadang menggunakan berbagai cara dan melupakan faktor kesehatan bahkan keinginan menjadi langsing menjadi obsesi yang pada akhirnya timbulah gangguan nafsu makan, ketakutan berlebih terhadap kenaikan berat badan dan timbul rasa bersalah setelah makan berlebih. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh pencitraan bahwa wanita yang cantik adalah wanita yang berbadan  tinggi dan kurus.

Gangguan nafsu makan digolongkan mejadi
Anoreksia
Merupakan gangguan berupa usaha menurunkan berat badan secara berlebihan dan merasa sangat takut apabila berat badannya naik walaupun pada kenyataanya tidak terjadi perubahan. Pengaturan makan yang sangat ketat dan olahraga yang berlebihan untuk menjaga berat badan. Persepsi terhadap diri sendiri gemuk walaupun berat badan sebenarnya di bawah normal. Pembatasan asupan makanan yang diikuti dengan upaya mengeluarkan kembali makanan lewat muntah yang dirangsang melalui tangan atau menggunakan obat pencahar.
Seseorang yang menderita anoreksia mempunyai bentuk badan yang sangat kurus, sering mengalami nyeri lambung, perut kembung, perasaan tidak nyaman dilambung dan susah buang air besar.

Bulimia
Merupakan gangguan dimana seseorang makan secara berlebihan lebih dari ukuran normal dan diikuti upaya mengeluarkan makanan dengan muntah dan penggunaan obat pencahar, puasa dan olahraga yang berlebihan. Seseorang dengan kondisi bulimia memiliki kemungkinan berat badan normal, turun berat badan atau kegemukan.

Untuk mengatasi gangguan nafsu makan haruslah merubah pemikiran tentang nafsu makan orang tersebut, pemberian nutrisi, pola makan yang tepat dan hidrasi yang cukup. Apabila kondisinya sudah serius diperlukan penanganan oleh dokter yang berkompeten.

Anda ingin program turun/naik berat badan dengan cara sehat?
Konsultasi kan segera.
Yusnita 081316582520






Tidak ada komentar:

Posting Komentar