Senin, 16 Februari 2015

Cara Diet Atasi Obesitas pada Anak



Obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak juga dapat mengalami kondisi ini, tiap hari jumlahnya semakin meningkat. Obesitas berarti memeiliki kelebihan lemak, sedikit berbeda dengan over weight  dimana berat badannya melebihi yang dianjurkan sesuai tinggi badannya. Anak dengan kelebihan berat badan cenderung menjadi remaja dan dewasa dengan berat badan berlebih berdampak pada resiko penyakit jantung, diabetes dan lain-lain dikemudian hari. Mereka juga lebih rentan stres dan merasa rendah diri.

Penyebab Obesitas pada Anak
Anak mengalami obesitas dikarenakan karena faktor genetik, kurangnya aktivitas, pola makan yang tidak sehat atau kombinasi dari beberapa faktor di atas. Orang tua dengan berat badan berlebih cenderung mempunyai anak yang berat badan nya berlebih, hal ini bukan dikarenakan faktor keturunan, akan tetapi berhubungan dengan pola makan dan kebiasaan dalam keluarga.

Pada saat ini, kebanyakan anak menghabiskan waktunya untuk menonton televisi, bermain game dibarengi dengan mengkonsumsi cemilan tinggi kalori dibandingkan dengan bermain diluar rumah bersepeda dengan teman atau melakukan aktivitas bermain yang lain. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab anak mengalami obesitas.

Anak dengan kondisi obesitas rawan terhadap penyakit seperti :
Tekanan darah tinggi
Penyakit jantung pada anak
Kolesterol
Diabetes
Masalah tulang,ruam kulit, infeksi jamur dan jerawat

Mengatasi Anak Obesitas
  1. Terlebih dahulu kita konsultasikan dengan dokter mengenai berat badan anak apakah dalam kisaran sehat atau normal. Jika memang program turun berat badan diperlukan libatkan seluruh keluarga untuk membiasakan pola makan dan kebiasaan yang sehat untuk menjaga mental anak tidak stres dan merasa dikucilkan.
  2. Lebih banyak makan sayuran dan buah
  3. Memperhatikan asupan cemilan yang  rendah kalori.
  4. Memastikan anak untuk sarapan setiap pagi.
  5. Mengurangi makan makanan cepat saji.
Seperti yang disebutkan di atas, salah satu cara untuk mengatasi obesitas pada anak, kita harus memastikan anak selalu sarapan. Berikan anak sarapan dengan nutrisi yang cukup, rendah kalori untuk membantu program penurunan berat badan yang sehat dan meningkatkan konsentrasi.

Salam sehat, untuk konsultasi hubungi: 
Yusnita 081316582520






Tidak ada komentar:

Posting Komentar